Fungsi Evaluasi Belajar Bagi Warga Belajar - PKBM Negeri 26 Bintaro

Senin, 10 Desember 2012

Fungsi Evaluasi Belajar Bagi Warga Belajar

Fungsi Evaluasi Belajar Bagi Warga Belajar

 Bila dunia pendidikan tanpa ada evaluasi maka sulit sekali mengukur tingkat kemajuan anak didik mengarah kepada maju atau tidaknya. Proses evaluasi karenanya, sangat penting untuk menjadikan tolok ukur kemajuan siswa yang akan bermanfaat bagi siswa, orang tua dan pihak pelaksana pendidikan.

Hari ini warga belajar Paket A, Paket B dan Paket C di PKBM Negeri 26 Bintaro tengah mengadakan evaluasi belajar semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013. Pelaksanaan evaluasi ini diselenggarakan berbarengan dengan sekolah formal. Seberapa pentingkah evaluasi bagi warga belajar?

Evaluasi tidak jauh dari suatu  tindakan untuk mengukur dan memperbaiki serta meningkatkan mutu proses pendidikan yang telah dilaluinya. Maju tidaknya proses belajar berhasil tidaknya proses belajar bagi anak didik inilah yang perlu adanya evaluasi. Yang menguntungkan evaluasi ini dilakukan oleh pihak luar guna mengukur dan melihat seberapa kemajuan yang diperoleh dari para siswa.

Dalam prosesnya, evaluasi mengarah kepada bagaimana anak didik mengerti dan memahami apa yang telah dilalui dalam proses belajar selama ini, seberapa banyak pengetahuan dan informasi bagi yang telah dikuasainya dan bagaimana merecall informasi yang telah diperolehnya itu dengan menjawab soal-soal yang dibuat sedemikian rupa.

Pada akhirnya, proses evaluasi akan mendapatkan hasil yang terukur dan bisa dijadikan patokan nilai, apakah siswa naik atau turun, apakah siswa mampu menguasai informasi atau bahkan tidak mampu. Dari sini, akan terukur seberapa kemajuan siswa mendapatkan informasi itu dikuasai atu tidak. Permanen dalam memori atau tidak.

Evaluasi semester, evaluasi harian, evaluasi akhir, dan ujian nasional adalah bentuk-bentuk evaluasi dalam pendidikan formal dan non formal. Dengan evaluasi ini, anak didik bisa diukur derajat kepintaranya, derajat keahlian dan derajat kemampuan lainnya.

Evaluasi tidak saja berlaku pada dunia pendidikan, tetapi evaluasi berlaku bagi dunia kehidupan sehari-hari. Tanpa evaluasi, pun tentu kehidupan akan berjalan baik-baik saja. Namun dengan evaluasi, maka yang baik dan yang buruk akan terlihat nyata dan yang buruk bisa diperbaiki, sementara yang baik bisa ditingkatkan.

Muhamad Kurtubi

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PKBM Negeri 26 Bintaro | All Right Reserved